Tempat Wisata di Banda Aceh "Masjid Raya Baiturrahman"


Hasil gambar untuk masjid raya baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman merupakan simbol kejayaan Ummat Islam di Aceh, selain difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh lho guys.

Masjid megah ini telah mendapatkan predikat ‘Daya Tarik Wisata Terbaik’ dalam kompetisi Pariwisata Halal Dunia di Abu Dhabi, gak cuma wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun kepincut dengan keindahan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Terletak di jantung Kota Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid Kesultanan yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 Hijiyah/ 1612 Masehi, atau sekitar 395 tahun silam guys. Woooww!

Daya tarik dari masjid ini terletak pada arsitekur nya yang sangat indah dan sudah pasti karena sejarah yang melekat pada Masjid Raya Baiturrahman.

Jika dilihat sejarahnya, masjid ini ternyata pernah di bakar pada masa agresi militer yang dilakukan oleh Belanda pada tanggal 1290 Hijriyah / 10 April 1873 Masehi. Namun, untuk meredam amarah Bangsa Aceh pada masa itu, maka masjid ini dibangun kembali pada tahun 1877.

Sejarah fenomenal yang masih segar dalam ingatan adalah saat terjadi musibah dahsyat tsunami di Aceh yang menewaskan lebih dari 150.000 jiwa, saat itu Masjid Raya Baiturrahman berdiri kokoh ditengah terjangan air laut yang menghancurkan semua yang dilewati.

Kini wajah Masjid Raya Baiturrahman mulai dipoles oleh pemerintah Aceh, kamu yang belum pernah mampir ke masjid ini atau cuma liat – liat dari foto doang bakalan kaget ngeliat penampilan baru dari Masjid ini.

Alamat https://goo.gl/maps/pM8cNLhnCRF2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Pualam

Intan

Batu Bara